contoh makalah.jpg
Sering kita sebagai seorang siswa atau mahasiswa mendapatkan tugas dari guru atau dosen untuk membuat sebuah makalah mengenai topik-topik tertentu. Entah itu makalah kesehatan, bisnis, pendidikan, biologi dan lain sebagainya. Namun banyak dari kita yang masih merasa kesulitan dalam pembuatan makalah.
Karena itulah pada kesempatan kali ini, saya luangkan sedikit waktu untuk berbagi artikel tentang tips membuat makalah yang baik dan benar.

Topik makalah yang menurut Anda membosankan dan tidak menarik, bisa saja menjadi menarik dan bagus jika Anda berhasil melakukan pendekatan yang baik dan tepat. Sayangnya, belum ada batasan yang pasti tentang bagaimana sih metode menulis makalah yang baik dan benar. Meskipun demikian, ada beberapa tips yang bisa Anda jadikan pedoman sebelum Anda mulai menulis sebuah makalah, diantaranya sebagai berikut:

1. Harus mampu menjawab persoalan
Perlu anda ketahui bahwa tujuan utama membuat makalah adalah menjawab suatu persoalan. Kalau makalah yang Anda buat tidak mampu menjawab persoalan yang ada, maka bisa dikatakan makalah telah Anda buat masih belum mencapai goal atau gagal.

2. Harus tulisan Anda sendiri
Makalah yang Anda buat harus merupakan hasil tulisan Anda sendiri, bukan copyan, apalagi contekan. Anda boleh mengkutip dari sumber lain, tetapi meskipun demikian Anda tidak diperkenankan untuk mengakui sebuah tulisan.

3. Jangan terlalu banyak mengumbar kata-kata
Banyak sekali orang yang mempunyai pemikiran begini, "Semakin banyak isi akan membuat makalah yang mereka tulis semakin bagus". Isi makalah yang panjang boleh-boleh saja, asalkan menggunakan kaidah penulisan makalah yang baik dan benar. Jangan mengulang-ulang penulisan dan jangan berteleh-teleh ketika menulis makalah.

4. Jadi diri Anda sendiri
Menulislah dengan style menulis Anda sendiri dan jangan meniru-niru gaya penulisan orang lain yang belum tentu cocok bagi Anda. Anda boleh saja bereksperimen asalkan tetap pada koridor menulis yang baik dan benar.

5. Berikan penekanan pada bab pendahuluan
Pembaca makalah yang Anda tulis akan langsung menuju pada bagian Pendahuluan ketika awal membaca makalah. Jika pada bagian ini dirasa membosankan, bisa jadi mereka tidak akan meneruskan membaca makalah yang Anda tulis. Maka dari itu, berikan penekanan pada bagian ini untuk menarik perhatian mereka sejak awal. Akan tetapi, jangan pernah Anda merangkum isi makalah pada bagian ini, karena dapat membuat pembaca akan berhenti membaca makalah Anda segera setelah selesai pada bagian ini. Buatlah bagian pendahuluan ini menjadi misteri untuk bab selanjutnya yang akan membuat pembaca akan penasaran untuk membaca kelanjutan dari makalah Anda

Itulah tips menulis makalah yang perlu Anda terapkan. Pastikan Anda memahaminya dengan baik dan saat ini juga Anda sudah mempunyai gambaran bagaimana contoh makalah yang baik dan menarik perhatian pembaca. Artikel lainnya yang perlu anda baca yaitu tempat wisata di Bandung yang saya rekomendasikan.