contoh cv.jpg
Membuat daftar riwayat hidup atau CV harus diperhatikan dengan baik dan jangan sampai Anda asal-asalan membuatnya karena CV yang anda buat menentukan seberapa besar peluang Anda masuk ke perusahaan tempat Anda melamar.

CV atau curriculum vitae menjadi salah satu komponen penting yang harus disertakan saat Anda melamar pekerjaan pada sebuah perusahaan. Tanpa adanya CV, perekrut tidak bisa mengetahui bagaimana kemampuan pelamar kerja serta keahlian yang dia punya. Meskipun demikian, masih banyak pelamar yang kurang memahami bagaimana sih cara menulis CV yang menarik agar bisa dilirik oleh HRD.. Jika Anda salah satu orang yang merasa masih bingung dalam menulis CV, simak beberapa hal yang harus ada di dalam CV berikut:

1. Data Pribadi
Hal pertama dan bersifat multak yang harus dicantumkan adalah data pribadi. Di bagian ini, isilah identitas pribadi Anda seperti nama lengkap, tanggal lahir Anda, alamat rumah, serta nomor telepon dan e-mail yang bisa dihubungi harus Anda sertakan ke dalam CV. Pastikan Anda menggunakan e-mail formal yang menampilkan nama panjang Anda, bukan nama aneh yang sulit untuk dibaca atau nama-nama lebay seperti Anindita_cwekcakep@gmail.com

2. Deskripsi Diri
Deskripsi mengenai diri Anda adalah kesempatan emas guna mempromosikan diri. Tulislah sebanyak tiga atau empat kalimat ringkas yang dapat menarik perhatian pihak HRD dan membuat mereka ingin sekali tahu lebih banyak tentang diri Anda, terutama dalam hal skill yang Anda miliki.
Buat deskripsi yang simpel dan jangan aneh-aneh. Gunakan kata ganti orang pertama kemudian periksa kembali tulisan tersebut untuk menghindari kesalahan ejaan atau salah tulis (typo). Setelah itu, rangkumlah dalam 200 kata siapa diri Anda, keahlian yang dimiliki, serta tujuan Anda dalam berkarir.

3. Pendidikan dan Pelatihan
Jangan lupa untuk melengkapi CV Anda dengan daftar pendidikan, baik formal maupun informal. Hal dimaksudkan untuk meyakinkan perukrut kerja bahwa Anda memang benar-benar orang yang dicari oleh perusahaan.

4. Pengalaman
Selanjutnya, Anda bisa menuliskan pengalaman apa saja yang Anda miliki, tentunya pengalaman kerja yang ada hubungannya dengan posisi yang Anda lamar. Namun jika Anda baru lulus atau isitilahnya fresh graduate, maka Anda dapat mencantumkan pengalaman organisasi seperti ketua OSIS atau kegiatan kampus yang pernah Anda ikuti

5. Keahlian Tambahan
Hal selanjutnya yang perlu Anda tambahkan adalah keahlian lain yang Anda miliki. Seperti contoh dapat mengendari mobil, mengoperasikan komputer dengan sangat baik dan lain sebagainya. Tentu hal ini akan menjadi nilai plus tersendiri bagi Anda.

6. Prestasi
Misalkan Anda mempunyai sebuah prestasi yang cukup mumpuni, misalkan juara tingkat nasional atau provinsi, pastikan Anda menyertakannya ke dalam CV. Sama halnya keahlian tambahan, tentu saja prestasi yang Anda miliki akan menambah nilai plus bagi Anda dan membuat peluang diterima di perusahaan semakin besar.

Itulah keenam tips yang perlu Anda terapkan ketika menulis daftar riwayat hidup yang baik dan benar. Dengan begitu, Anda akan mempunyai gambaran seperti apa sih contoh CV yang baik dan benar. Simak juga ya artikel yang baru saja saya tulis yakni tentang tempat wisata di Bandung yang indah dan menarik.