contoh surat lamaran kerja.jpg

Seringkali kita dibingungkan dengan contoh surat lamaran kerja seperti apa yang baik dan benar sekaligus berpeluang tinggi dipandang oleh HRD yang bertugas memeriksa dan menyeleksi lamaran yang masuk di perusahaan mereka.

Meskipun begitu, anda pasti memiliki impian untuk diterima di suatu perusahaan, terutama perusahaan yang sejak dulu anda idam-idamkan. Maka dari itu, anda perlu membuat perekrut tertarik kepada anda bahkan sebelum bertatap muka. Kata "tertarik" disini bukan hanya soal penampilan (meskipun poin ini juga harus diperhatikan) tetapi cara anda menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar.

CV dan surat lamaran merupakan kedua hal yang harus anda perhatikan baik-baik dan sangat menentukan diterima tidaknya lamaran anda pada suatu perusahaan. Maka dari itu, anda diharapkan untuk menghindari adanya kesalahan dan jangan sampai anda asal-asalan membuat surat lamaran kerja. Agar lamaran membuat HRD tertarik untuk memilih anda sebagai calon karyawan di perusahaan mereka, simaklah beberapa kesalahan ini yang perlu anda hindari ketika menulis surat lamaran kerja :

1. Selalu gunakan bahasa yang baik
Sudah menjadi kewajiban bagi pelamar kerja untuk menggunakan bahasa yang baik dan benar ketika menulis surat lamaran kerja. Jangan sampai anda menggunakan bahasa alay atau bahasa daerah anda, tetap gunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama anda.

2. Isi surat lamaran kerja singkat tapi padat
Mungkin anggapan sebagian orang bahwa semakin panjang isi surat lamaran kerja semakin baik, tentu hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Jika surat lamaran kerja semakin berteleh-teleh tentu hal tersebut tidaklah baik karena pihak HRD akan bosan membaca jenis surat lamaran kerja seperti ini. Tulislah surat lamaran kerja dengan singkat tapi memiliki bobot yang tinggi.

Baca juga: Tempat wisata di Bandung

3. Gunakan kalimat yang sopan
Selain kedua hal diatas, anda diwajibkan untuk menggunakan bahasa yang sopan, bukan bahasa yang seakan-akan berbicara dengan teman sendiri, tentu hal tersebut tidak dianjurkan. Jangan sampai anda menggunakan banyak bahasa sastra atau istilah-istilah yang tidak umum.

Itu ketiga hal yang perlu anda terapkan ketika ingin menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar. Tentu saja contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar harus memiliki ketiga unsur diatas agar peluang diterima HRD semakin lebih besar. Semoga bermanfaat.